Club Facebookna Oerang Soenda

Urang Sunda Hudang Euy!!!

Kamus Indonesia-Sunda

kamus indonesia-sunda

kamus indonesia-sunda

INDONESIA – SUNDA

A

Abu = Kekebul

Abu Rokok = Calacah

Ada = Aya

Adalah = Nyaeta

Adik = Rai, Adi, Pun Adi

Air = Cai

Ajar = Wuruk, Atik ; Belajar = Diajar ; Ajaran = Wurukan, Atikan

Akan = Bade, Arek

Akan = Bakal

Alis = Halis

Alis = Halis = Kening

Anak = Budak, Murangkalih

Anak Adik = Suan

Anak Kakak = Alo

Anak Kecil = Budak Leutik, Murangkalih

Aneh = Aheng

Angsa = Soang

An-jing = Gogog

Apa = Naon ; Mau Apa = Bade Naon, Erek Naon

Api = Seuneu

Asam = Haseum, Asem (Benda)

Asin = Asin

Asin Sekali = Molelel

Atas = Luhur

Ayam = Hayam

B

Ba-bi hutan = Bagong

Badan = Awak, Waragad

Bagian = Bagean

Bagus = Sae, Alus

Bahagia = bagja

Bahu = Taraju, Pundak, Taktak

Baju = Raksukan, Anggoan, Acuk

Ballpoin = Pulpen

Bambu = Awi/Haur

Bangun Tidur = Gugah, Hudang (bahasa kasar)

Bantu = Bantos ; Bantuan = Bantosan ; Membantu = Ngabantos, Ngabantuan

Bapak = Pun Bapa, Tuang Rama

Baru = anyar

Barusan = Nembe, Bieu, Karek Bieu

Batas = Wates

Batu = Batu

Batu Kapur = Apu

Bawah = Handap

Bayangan = Sawangan

Bayang-bayang = Kalangkang

Bayi = Orok

Bebek = Entog

Begitukah = Baruk

Bekas = Tilas, Urut

Belakang = Pengker, Tukang

Belalang = Simeut

Belalang Sembah = Congcorang

Benar = Leres, Bener

Beol = E’e’, Miceun, Modol

Berangkat = Mios, Angkat, Indit

Berapa = Sabaraha

Berapi-api = Nyeuneu

Berasal dari mana = Kawit timana / kawit timanten

Berbinar-binar (mata) = Cureuleuk

Berdasarkan = Dumasar

Bergembira = galumbira

Bergoyang = Ngageol, Ngagitek

Berkaitan = Patali

Berkelahi = Gelut

Berkilau = Mencrang

Besar = Ageung, Gede, Badag

Besi = Beusi

Besok = Enjing, Isuk

Besok Lusa = Pageto

Betet = Ekek

Betis = Bitis, Wetis

Bibir = Lambey, Biwir

Bidang = Widang

Bilangan = Wilangan

Bintang = Bentang

Biru = Bulao

Bisa = Tiasa

Bisa kenalan gak = Tiasa wanoh teu

Bodoh = Bodo, Boloho

Bra = Kutang, Beha

Buka = Muka

Bukan = Sanes, Lain

Bukit = Gugunungan

Bulan = Sasih (Almanak), Bulan

Bulan Sabit = Bulan Sapasi

Bumi = Dunya

Burung = Manuk

Burung Hantu = Bueuk

C

Cabang = Cagak

Cabe = Cabe

Capung = Papatong

Cari = Teang, Pilari, Neang ; Mencari = Milari, Neangan

Celana = Lancingan, Calana

Celurit = Arit

Cicak = Cak cak

Coba = Cobi ; Mencoba = Nyobian, Nyobaan, Ngajaran

Cobek = Coet

Cubit = Ciwit

Cuci = Wasuh, Ngumbah

Cuci Baju = Nyeuseuh

Cuci Piring = Kukumbah Piring

Cukup = Cekap

Cuma/Saja = Mung, Ngan

D

Dada = Dada, Payun

Dagu = Gado, Angkeut

Dahaga = hanaang

Dahi = Taar, Tarang

Danau = Situ

Dari = Ti

Dari Tadi = Titadi

Darimana = Kawit, Timanten

Datang = Dongkap, Sumping, Mulang, Balik (bahasa kasar)

Dekat = Caket, Deukeut

Delapan = Dalapan

Dengan = Sareng, Eujeung

Depan = Payun, Hareup

Desa = Lembur

Dia = Manehna

Dikesampingkan = Disingkahkeun

Dingin = Tiis (benda), Tiris (suhu)

Dompet = Loket

Dua = Dua

Dua Belas = Dua Belas

Dua Puluh Lima = Salawe

Duda = Duda

Dulu = Heubeul ; Dahulu = Baheula

Dunia = Dunya

E

Elang = Heulang

Elus = Usap

Empat = Opat

Enam = Genep

G

Gabung = Rampak

Gadis = Parawan

Garam = Uyah

Garuda = Dadali

Garuk = Garo

Gatal = Ateul

Geli = Getek

Gelitik = Eleketek

Gembira = Gumbira

Gemuk = Bayuhyuh

Gerah = Hareudang, Kareunang

Gergaji = Ragaji

Gerobak = Gorobak

Gigi = Waos, Huntu

Gila = Gelo, Teu Eucreug

Golok = Bedog

Gula = Gula

H

Habis = Seep, Beak ; Menghabiskan = Nyeepkeun, Meakeun

Hangat = Haneut

Hari = Dinten, Poe

Harimau = Maung

Hebat = Edun

Hewan = Sasatoan

Hidung = Pangambung, Irung

Hijau = Hejo

Hisap = Seuseup

Hitam = Hideung

Hitam Legam = Hideung Lestreng

Huruf = Aksara

Hutan = Leuweung

Hutan Gundul = Leuweung Carengcang

Hutan Rimba = Leuweung Geledegan

I

Ibu = Pun Biang, Indung

Ibu Jari = Jempol

Ijin = Widi ; Diijinkan = Diwidian

Ikan = Lauk

Ilmu = Elmu

Ingat = emut/inget

Ingin = Hoyong, Palay, Hayang

Ingkar Janji = Jangji Sulaya

Istri = Garwa,Pun Bojo, Pamajikan

Itik = Meri

Itu-itu juga = Eta-eta keneh

Iya = Muhun, Sumuhun

J

Jadi = Janten ; Sedang Terjadi = Lumangsung

Jahil = Jail

Jahit = Kaput ; Menjahit = Ngaput

Jalan (benda) = Galur

Jalan (kerja) = Papah, Leumpang

Jam Berapa = Tabuh Sabaraha

Jam berapa sekarang = Tabuh sabaraha ayeuna

Janda = Randa

Janda Kembang = Randa Bengsrat

Janji = Jangji

Jari = Ramo

Jari Manis = Jarhiji

Jari Telunjuk = Curuk

Jari Tengan = Panengah

Jauh = Tebih

Jelas = Eces ; Menjelaskan = Ngaceskeun

Jelek = Awon, Butut

Jemari = Ramo, Reuma

Jendela = Jandela

Jengkel = Keuheul

Jepit = Capit

Jidat = Tarang, Taar

Jijik = Geuleuh

Jilat = Letak, Lamot

Jitak = Teke

Jurang = Gawir

K

Kabarnya gimana baik = Kumaha damang

Kaget = Soak, Reuwas

Kain = Layon, Kaen

Kakak = Raka, Lanceuk, Pun Lanceuk

Kakak Ipar = Dahuan

Kakek = Aki

Kaki = Sampean, Suku

Kalah = Kawon, Eleh, Keok

Kalian = Aranjeun, Maraneh

Kambing = Embe

Kami/Kita = Urang

Kamu = Anjeun, Hidep, Maneh (bahasa kasar)

Kanan = Katuhu

Kandang = Kurung

Kapan = Iraha

Karet Penghapus = Panghapus

Kasian = Karunya, Deudeuh

Katak/Kodok = Bangkong

Kawin = Nikah

Kayak/Seperti = Siga

Kayaknya = Sigana

Kayu = Kai

Kebahagiaan = kabagjaan

Kecil = Alit, Leutik

Kecoa = Cucunguk

Kelakar = Ngabodor

Kelingking = Cingir

Keluarga = Kulawarga

Kemarin = Kamari

Kemarin Lusa = Mangkukna

Kemauan = Kahoyong, Kahayang

Kenyak = Wareg

Kepala = Mastaka, Hulu, Sirah

Keras = Teuas ; Mengeras = Ngabagel, Neuasan

Kerbau = Munding

Keringat = Kesang

Kerja = Damel, Gawe ; Pekerjaan = Padamelan, Pagawean

Kertas = Keretas

Kesana = Kaditu

Kesini = Kadieu

Ketek = Kelek, Ingkab

Ketel = Katel

Ketika/Saat = Basa, Waktos

Kira-kira = Kinten-kinten

Kiri = Kenca

Kolam Ikan = Balong

Kolam Lumpur = Leuwi

Kota = Dayeuh

Kota Pinggiran = Pasisian

Kucing = Ucing

Kuku = Kuku, Tanggay

Kumis = Kumis, Rumbah

Kuning = Koneng

Kunyit = Koneng

Kupu kupu = Kukupu

Kura-kura = Kuya

Kurang = Kirang

Kursi = Korsi

Kurus = Peot

Kutilang = Cangkurileung

Kutu busuk = Tumbila

L

Lagu = Tembang, Kawih, Langgam

Lain = Sanes, Sejen

Lainnya = Sejena

Lalat = Laleur

Lama = Heubeul (barang), Lami, Lila

Lapang = Tegal

Lapangan = Tegalan

Lapar = lapar

Lari = Lumpat

Layang-layang = Langlayangan

Lebih = Langkung, Leuwih ; Melebihi = Alabatan

Leher = Tengek, Beuheung

Lemah = Leuleus

Lemari = Lomari, Almari

Lempar = Baledog

Lidah = Letah

Lihat = Ningal , Tempo ; Kelihatan = Katembong

Lima = Lima

Luas = Lega

Lucu = Pikaseuriuen

Lumpur = Leutak

Lupa = Hilap

Lutut = Tuur

Lutut = Tuur = Dengkul

M

Maaf = Hapunten, Hampura

Main = Ameng, Ulin

Makan = Tuang (untuk orang lain) , Neda (untuk diri sendiri), Dahar (bahasa kasar)

Malam = Wengi / Peuting

Malas = Hoream

Mancung = Bangir

Mandi = Ibak, Mandi

Manis = Amis

Manis Sekali = Kareueut

Masa = Maenya, Piraku

Masalah = Perkawis, Mas alah

Masih ada = Aya Keneh

Mata = Soca, Panon

Mata Hari = Panon Poe

Mata kaki = Mumuncangan

Mau = Hoyong, Kersa

Mau makan dengan saya = Kersa tuang sareng abdi

Mau Menanyakan = Bade tumaros

Melamun = Ngimpleng, Ngalamun

Melarang = Nyaram, Nyarek

Membangun = Ngawangun

Membuka Rahasiah = Ngabolekerkeun

Memutuskan = Mutuskeun

Menakut-nakuti = Nyingsieunan

Menang = Kenging, Meunang

Menantu = Minantu

Menanyakan = Naroskeun, Tumaros

Mencair = Le eh

Mengenai = Ngenaan

Mengenang = Mieling

Menggaruk = Gagaro, Ngagaro

Menggigil = Ngadegdeg, Ngahodhod

Menginap = Mondok

Mengingat = ngemut

Menjawab = Ngawaler

Menunggu = Ngantosan, Ngadagoan

Menyaksikan = Nyiksenan

Menyerupai = Mangrupakeun

Menyesal = Kaduhung

Merah = Beureum

Merasa = Rumaos, Ngarasa

Merasa = Rumaos, Ngarasa

Merayakan = Ngareah-reuah

Mereka = Maranehna

Merem = Peureum

Merinding = Muringkak

Merpati = Japati

Mertua = Mitoha

Merupakan = Mangrupa

Minum = Eueut, Nginum

Mo-nyet = Wanara

Muda = Anom, Ngora

Mudah = Gampil, Babari, Enteng, Gampang

Mungkin = Panginten, Meureun

N

Naik = Naek ; Menaiki = Nerekel

Nama = Nami, Wasta, Ngaran

Namanya Siapa = Namina Saha

Nangis = Ceurik

Narik = Metot

Nenek = Nini

Ngantuk = Tunduh

Ngilu = Linu

Ngomong = Nyarios

Nyala = Hurung

Nyamuk = Reungit

Nyanyi = Ngalanggam, Ngawih

Nyapu = Sasapu

P

Padam = Pareum

Pagi = Enjing-enjing, Isuk-isuk

Pagi Buta = Janari

Paha = Pingping

Panas = Panas

Panjang = Panjang

Pantat = Imbit, Bujur

Parit = Solokan

Pasir = Keusik

Payudara = Susu, Pinarep

Pelangi = Layung

Peluk = Keukeup ; Dipeluk = Dikeukeupan

Pematang Sawah = Galengan

Pemerintah = Pamarentah

Pemukul = Paneunggeul

Pendek = Beke, Pendek ( Ukuran tubuh )

Pendek = Pondok

Pengantin = Panganten

Penitih = Panitik

Pensil = Patlot

Penyakit = panyawat

Pepohonan = Tatangkalan

Peralatan = Parabot

Perasaan = Raraosan

Pergi = Angkat, Mios, Indit

Perjaka = Bujangan

Perkenalkan = Nepangkeun

Permisi = Punten

Perut = Patuangan, Beuteung

Pesek = Pegek

Piknik = Pelesir

Pinggang = Cangkeng, Angkeng

Pinggiran Rumah = Pipir

Pintar = Pinter

Pintu = Panto

Pipi = Damis, Pipi

Pipit = Piit

Pisau = Peso

Plastik = Palastik

Pohon = Tangkal

Polisi = Pulisi

Pria = Pameget, Lalaki

Pukul = Teunggeul

Pulang = Mulih, Uih, Balik

Punggung = Tonggong

Pusat = Puseur

Putih = Bodas

R

Rambut = Buuk

Rangkul = Tangkeup

Rawa = Ranca

Rawit = Cengek

Remaja = Wanoja, Rumaja

Rias = Dandan

Ribut = Pasea

Rindang = Hieum

Ruangan = Rohangan

Rumah = Rorompok, Bumi, Imah

Ruwet = Rungsing

S

Sahabat = Sobat

Sahabat Dekat = Sobat Dalit

Sakit = nyeri, Kasakit ; Penyakit = Panyakit

Salah = Lepat, Teu Leres

Sama = Sami, Sarua ; Sesama = Papada

Sambal = Sambel

Sambat = Nyambat

Sambit = Sabet, Kadek

Sampah = Runtah

Sana = Ditu ; Sebelah Sana = Palih Ditu

Sandal = Sendal

Sandal Jepit = Sendal Capit

Sandar ber-hak = Kelom

Sapu Ijuk = Sapu Injuk

Sapu Lidi = Nyere

Saring = Ayak

Saringan = Ayakan

Satu = Hiji

Satu Juta = Sajuta

Satu Ribu = Sarebu

Saudara = Baraya, Dulur

Saya = Abdi, Kuring, Urang, Uing, Aing

Sayang = nyaah

Sayap = Jangjang

Sebagian = Sapalih, Sawareh

Sebaliknya = Sabalikna

Sebelah = Sapalih, Sabeulah

Sebelahan = Gigireun

Sebelas = Sabelas, sawelas

Sebut = Nyebat ;Menyebutkeun = Nyebatkeun

Sedang = Nuju

Sedang sakit = udur

Sedih = tunggara

Sehat = Walagri

Sekarang = Ayeuna

Selangkangan = Palangkakan

Selokan/Parit = Solokan

Semacam = Sarupaning

Semangat = Sumanget

Sembilan = Salapan

Sempit = Heureut

Semua = Sadaya, Kabeh

Semut = Sireum

Senang = bungah

Sepatu = Sapatu

Sepuluh = Sepuluh

Sepuluh Ribu = Sapuluh Rebu

Serak (suara) = Peura

Seratus = Saratu

Seratus Ribu = Saratus Rebu

Seribu = Sarebu

Siang = Siang, Beurang

Siapa = Saha

Silakan = Mangga

Silau = Serab

Singlet = Kaos Sangsang

Sini = Dieu ; Sebelah Sini = Palih Dieu

Sisa = Sesa ; Menyisakan = Nyesakeun

Sisi = Gigir

Sobek = Soweh, Sowek

Sore = Sonten

Suami = Caroge, Salaki

Sudah = Parantos, Atos, Enggeus

Sudah Lama tinggal di sini = Tos lami linggih di dieu

Sudah makan belom = Tos tuang teu acan

Sungai = Susukan

Susah = Sesah, Hese

T

Tadi = Tadi

Tahi Lalat = Karang

Takut = Sieun

Tampar = Cabok, Gampleng, Tampiling

Tanah = Taneuh

Tanah Lapang = Tegalan

Tanda = Tanda ; Menandakan = Nandakeun

Tangan = Panangan, Leungeun

Tangga Bambu = Taraje

Tapian = Nyiru

Tau = Terang, Uninga, Nyaho

Tegel = Tehel

Teguh = Panceg

Telapak Tangan = Dampal Leungeun

Telat = Laat

Telinga = Cepil, Ceuli

Teman = Rerencangan, Babaturan

Temu = Pendak, manggih ; Ketemu = Kapendak, Kapanggih

Tentang = Perkawis

Teras = Tepas

Terbaha-bahak = Nyakakak, Ngabarakatak

Terbaik = Nyongcolang

Tergoda = Kagoda

Teringat-ingat = Kasuat-suat

Terkam = Kerekeb, Gabrug

Terkena Petir = Kabentar Gelap

Termasuk = Kalebet, Kaasup

Tersengat Listrik = Kasetrum

Tersenyum = Imut

Tersesat = Kasasab

Tertawa = Seuri

Tiang = Tihang

Tidak = Henteu

Tidak Akan = Moal

Tidak Mau = Alim, Teu Hoyong, Embung

Tidak Tau = Duka, Teu Terang, Teuing

Tidur = Kulem, Bobo, Sare (bahasa kasar)

Tiga = Tilu

Tikus = Beurit

Tinggal dimana = Linggih dimana

Tinggalnya dimana = Linggih Timanten

Tinggi (Tempat ) = Luhur

Tinggi (Ukuran Tubuh) = Jangkung

Tiri = Tere

Tolong = Bantos, Tulung ; Pertolongan = Bantosan, Pitulung

Topi = Kerepus, Topi

Tua = Sepuh, Kolot

Tujuh = Tujuh

U

Tusuk = Tojos

Uang = Artos, Duit

Uang Logam = Receh, Kencring

Uban = Huis, Salatu

Udel = Bujal

Ular = Oray

Ulat = Hileud

Ulekan = Mutu

Untuk (Kegunaan) = Paranti

Untuk = Pikeun, Kanggo, Jang

Urakan/Norak = Kampungan

Usia = Yuswa, Umur

W

Wajah = Raray, Beungeut

Wanita = Mojang, Istri, Awewe

Waria = Banci, Bencong

Warna = Kelir

Y

Ya = Muhun, Heueuh

Yang = Anu

Yang Dipakai = Anu Dianggo, Nu Dipake

6 Balesan to “Kamus Indonesia-Sunda”

  1. abdulkareem said

    baketut

  2. coba yang ini aja kang,

    http://www.kamusbahasasunda.com/

    simpel ga pake ribet.

  3. Soepanchard said

    mau belajar sunda

  4. deni said

    Karang Bolong
    PDF Print E-mail

    Beberapa abad yang lalu tersebutlah Kesultanan Kartasura. Kesultanan sedang dilanda kesedihan yang mendalam karena permaisuri tercinta sedang sakit keras. Pangeran sudah berkali-kali memanggil tabib untuk mengobati sang permaisuri, tapi tak satupun yang dapat mengobati penyakitnya. Sehingga hari demi hari, tubuh sang permaisuri menjadi kurus kering seperti tulang terbalutkan kulit. Kecemasan melanda rakyat kesultanan Kartasura. Roda pemerintahan menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya. “Hamba sarankan agar Tuanku mencari tempat yang sepi untuk memohon kepada Sang Maha Agung agar mendapat petunjuk guna kesembuhan permaisuri,” kata penasehat istana.

    Tidak berapa lama, Pangeran Kartasura melaksanakan tapanya. Godaan-godaan yang dialaminya dapat dilaluinya. Hingga pada suatu malam terdengar suara gaib. “Hentikanlah semedimu. Ambillah bunga karang di Pantai Selatan, dengan bunga karang itulah, permaisuri akan sembuh.” Kemudian, Pangeran Kartasura segera pulang ke istana dan menanyakan hal suara gaib tersebut pada penasehatnya. “Pantai selatan itu sangat luas. Namun hamba yakin tempat yang dimaksud suara gaib itu adalah wilayah Karang Bolong, di sana banyak terdapat gua karang yang di dalamnya tumbuh bunga karang,” kata penasehat istana dengan yakin.

    Keesokannya, Pangeran Kartasura menugaskan Adipati Surti untuk mengambil bunga karang tersebut. Adipati Surti memilih dua orang pengiring setianya yang bernama Sanglar dan Sanglur. Setelah beberapa hari berjalan, akhirnya mereka tiba di karang bolong. Di dalamnya terdapat sebuah gua. Adipati Surti segera melakukan tapanya di dalam gua tersebut. Setelah beberapa hari, Adipati Surti mendengar suara seseorang. “Hentikan semedimu. Aku akan mengabulkan permintaanmu, tapi harus kau penuhi dahulu persyaratanku.” Adipati Surti membuka matanya, dan melihat seorang gadis cantik seperti Dewi dari kahyangan di hadapannya. Sang gadis cantik tersebut bernama Suryawati. Ia adalah abdi Nyi Loro Kidul yang menguasai Laut Selatan.

    Syarat yang diajukan Suryawati, Adipati harus bersedia menetap di Pantai Selatan bersama Suryawati. Setelah lama berpikir, Adipati Surti menyanggupi syarat Suryawati. Tak lama setelah itu, Suryawati mengulurkan tangannya, mengajak Adipati Surti untuk menunjukkan tempat bunga karang. Ketika menerima uluran tangan Suryawati, Adipati Surti merasa raga halusnya saja yang terbang mengikuti Suryawati, sedang raga kasarnya tetap pada posisinya bersemedi. “Itulah bunga karang yang dapat menyembuhkan Permaisuri,” kata Suryawati seraya menunjuk pada sarang burung walet. Jika diolah, akan menjadi ramuan yang luar biasa khasiatnya. Adipati Surti segera mengambil sarang burung walet cukup banyak. Setelah itu, ia kembali ke tempat bersemedi. Raga halusnya kembali masuk ke raga kasarnya.

    Setelah mendapatkan bunga karang, Adipati Surti mengajak kedua pengiringnya kembali ke Kartasura. Pangeran Kartasura sangat gembira atas keberhasilan Adipati Surti. “Cepat buatkan ramuan obatnya,” perintah Pangeran Kartasura pada pada abdinya. Ternyata, setelah beberapa hari meminum ramuan sarang burung walet, Permaisuri menjadi sehat dan segar seperti sedia kala. Suasana Kesultanan Kartasura menjadi ceria kembali. Di tengah kegembiraan tersebut, Adipati Surti teringat janjinya pada Suryawati. Ia tidak mau mengingkari janji. Ia pun mohon diri pada Pangeran Kartasura dengan alasan untuk menjaga dan mendiami karang bolong yang di dalamnya banyak sarang burung walet. Kepergian Adipati Surti diiringi isak tangis para abdi istana, karena Adipati Surti adalah seorang yang baik dan rendah hati.

    Adipati Surti mengajak kedua pengiringnya untuk pergi bersamanya. Setelah berpikir beberapa saat, Sanglar dan Sanglur memutuskan untuk ikut bersama Adipati Surti. Setibanya di Karang Bolong, mereka membuat sebuah rumah sederhana. Setelah selesai, Adipati Surti bersemedi. Tidak berapa lama, ia memisahkan raga halus dari raga kasarnya. “Aku kembali untuk memenuhi janjiku,” kata Adipati Surti, setelah melihat Suryawati berada di hadapannya. Kemudian, Adipati Surti dan Suryawati melangsungkan pernikahan mereka. Mereka hidup bahagia di Karang Bolong. Di sana mereka mendapatkan penghasilan yang tinggi dari hasil sarang burung walet yang semakin hari semakin banyak dicari orang.

    (SELESAI)

    • abu jandal said

      A. Defenisi Retorika
      Berbicara yang akan dapat meningkatkan kualitas eksistensi (keberadaan) di tengah-tengah orang lain, bukanlah sekadar berbicara, tetapi berbicara yang menarik (atraktif), bernilai informasi (informatif), menghibur (rekreatif), dan berpengaruh (persuasif). Dengan kata lain, manusia mesti berbicara berdasarkan seni berbicara yang dikenal dengan istilah retorika. Retorika adalah seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang kepada sejumlah orang secara langsung bertatap muka. Oleh karena itu, istilah retorika seringkali disamakan dengan istilah pidato. Agar lebih jelas maka dalam ulasan berikut ini akan didalami secara bersama beberapa pemahaman dasar tentang retorika.
      Dalam Bahasa Yunani ῥήτωρ, rhêtôr, orator, teacher) retorika adalah sebuah teknik pembujuk-rayuan secara persuasi untuk menghasilkan bujukan dengan melalui karakter pembicara, emosional atau argumen (logo). Plato secara umum memberikan defenisi terhadap retorika sebagai suatu seni manipulatif yang bersifat transaksional dengan menggunakan lambang untuk mengidentifikasi pembicara dengan pendengar melalui pidato, dan yang dipersuasi saling bekerja sama dalam merumuskan nilai, kepercayaan dan pengharapan mereka. Ini yang dikatakan Kenneth Burke (1969) sebagai substansi dengan penggunaan media oral atau tertulis.
      Retorika memberikan suatu kasus lewat bertutur (menurut kaum sofis yang terdiri dari Gorgias, Lysias, Phidias, Protagoras dan Socrates akhir abad ke 5 SM), yang mengajarkan orang tentang keterampilan berbicara dan menemukan sarana persuasif yang objectif dari suatu kasus. Studi yang mempelajari kesalahpahaman serta penemuan saran dan pengobatannya. Retorika juga mengajarkan tindak dan usaha yang efektif dalam persiapan, penetaan dan penampilan tutur untuk membina saling pengertian dan kerjasama serta kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.
      Dalam ajaran retorika Aristoteles, terdapat tiga teknis alat persuasi (mempengaruhi) politik yaitu deliberatif, forensik dan demonstratif. Retorika deliberatif memfokuskan diri pada apa yang akan terjadi dikemudian bila diterapkan sebuah kebijakan saat sekarang. Retorika forensik lebih memfokuskan pada sifat yuridis dan berfokus pada apa yang terjadi pada masa lalu untuk menunjukkan bersalah atau tidak, pertanggungjawaban atau ganjaran. Retorika demonstartif memfokuskan pada wacana memuji dengan tujuan memperkuat sifat baik atau sifat buruk seseorang, lembaga maupun gagasan.

      Ada beberapa contoh cara berfikir dalam RETORIKA
      • Berfikir kreatif
      Suatu cara berfikir yang menimbulkan ide baru atau menghubungkan ide dan hal yang sebelumnya belum dihubungkan
      • Berfikir Kausatif
      Suatu cara berfikir yang menjelaskan apa yang akan terjadi akibat keadaan sebelumnya
      • Berfikir Induktif
      Suatu cara berfikir yang bersumber dari data spesifik kemudian dijadikan suatu simpulan
      • Berfikir Deduktif
      Suatu cara berfikir yang mengambil hal-hal yang umum pada hal-hal yang khusus
      • Cara Problem Solving
      Cara berfikir yang mengungkapkan masalah dan dicari pemecahannya

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: